9 April 2019 2:12 pm

😎4 Tips Menghindari Kendaraan Mogok Saat Melewati Banjir😎

😎4 Tips Menghindari Kendaraan Mogok Saat Melewati Banjir😎
Hujan lagi-Hujan lagi Bikin banjir sana-sini, bikin susah beraktifitas.

Nah, tidak jarang dari kita yang rupanya memilih untuk menerobos banjir saat lagi terpaksa.

Namun resikonya besar. Tidak sedikit dari kita yang motor & mobilnya malah mogok saat menerobos banjir.

Nah, biar kendaraan nggak mogok, Kami mau kasih tips cara yang benar buat menerobos banjir ala TikTokTalk.Com


🛵Jaga Filter Udara🛵



Pastikan banjir yang dilewati nggak melewati ketinggian filter udara motor, karena filter udara bertugas menarik udara ketika mesin motor menyala.

Karena air bisa masuk melalui filter udara dan masuk ke dalam mesin dan membuat mesin mati total. Khusus untuk pengguna motor metic, yang posisi filter udaranya tidak setinggi motor sport, wajib diperhatikan lagi ya ketika ingin menerjang banjir.


🛵Jaga RPM🛵



Pastikan menjaga RPM atau putaran mesin tetap stabil ketika melewati banjir. Karena jika digeber-geber maka putaran mesin dapat membuat air terhisap masuk ke dalam knalpot.


💤Matikan Mesin💤



Jika tidak yakin motor bisa melewati banjir dengan keadaan mesin menyala, matikan mesin motor lebih dahulu, dan baru dorong melewati banjir.

"Yang paling penting, tutup lubang knalpot dan filter udara dengan rapat agar air tidak masuk"


Jangan Gunakan Jas Hujan Ponco



Ketika Anda menghadapi banjir, ada baiknya Anda menghindari pemakaian Jas Hujan jenis Ponco. Jas Hujan ini akan sangat mudah terseret oleh arus air saat banjir & beresiko membuat lju motor Anda semakin oleng ketika menerabas banjir.

Alhasil resiko terjatuh akan lebih besar PLUS jas ujan jenis ini juga beresiko tersangkut pada rantai atau ban kendaraan Anda.

Nah buat Anda yang jas Hujan yang berkualitas. Kami mau kasih bocoran nih,

TikTokTalk sekarang sedang mendatangkan Jas Hujan Import yang lagi jadi Best Seller di beberapa negara.


💦Perhatikan Ketinggian Air💦



Semakin tinggi genangan air, artinya semakin besar pula risiko merusak. Intinya, banjir yang hendak dilalui tidak mendekati atau bahkan lebih tinggi dari lubang masuk udara kendaraan Anda.

Bersabarlah dahulu dan perhatikan mobil lain yang menerjang banjir, lebih baik lagi kalau ada mobil serupa sehingga bisa dijadikan referensi.

Tentukan rute dan jalur Anda di banjir, pilihlah genangan yang paling rendah serta bebas dari hambatan seperti polisi tidur, jalan rusak atau lainnya.

Karena saat menerjang banjir, konstannya kecepatan mobil memegang peranan penting dalam meminimalkan risiko.


Jaga Jarak 🚗 🚗 🚗



Karena kecepatan konstan sangat penting, pastikan mobil di depan memiliki jarak cukup jauh. Bila masih dekat, tunggu saja sebelum Anda melaju.

Jalankan mobil Anda setelah cukup yakin mobil di depan tak akan menghalangi laju mobil Anda.

Jangan Setengah Kopling



Sebisa mungkin lepaskan injakan kopling ketika melewati banjir. Biarkan plat kopling saling menempel erat dan melajukan mobil secara konstan.

Terlalu sering menggunakan setengah kopling hanya memperbesar kemungkinan kopling terbakar dan menaikkan putaran mesin. Kedua hal itu akan sangat merugikan di tengah banjir.


🆘Matikan Segera mesin Saat Darurat🆘



Terkadang kita bisa salah perhitungan dan justru masuk ke banjir yang lebih dalam di tengah-tengah. Ketika ini terjadi, jangan panik.

Lihat dan rasakan apakah mobil masih mungkin menembus di kedalaman ini atau mobil mulai bergeser akibat mengapung.

Tapi bila ketinggian air sudah melampaui saluran masuk udara ke mesin atau bahkan kap mesin, langsung matikan mesin Anda segera.

Begitu pula ketika terasa ada tanda-tanda mesin kemasukan air dan sudah mbrebet hendak mati. Dengan mematikan mesin lebih awal, Anda akan menghilangkan risiko terjadinya water hammer.

Yang Biasa Dicari Pria 👇🏼