🔆 7 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Liburan 🔆

Yakin sudah aman meninggalkan rumah saat libuan? Jangan sampai hal-hal ini terlewat dari pengawasan, ya!


Apa aja sih yang perlu diperhatikan ketika meninggalkan rumah selama berpergian? Pasti banyak yang terlupakan, Coba simak 7 tips berikut, deh!

1. PASTIKAN SEMUA PINTU & JENDELA TERKUNCI


Ini adalah hal utama yang harus diperhatikan ketika hendak bepergian. Bukan hanya pintu-pintu yang harus dikunci, kadang jendela lupa untuk ditutup.


Sekecil apa pun celah jendela yang kamu buka, itu dapat memancing pencuri untuk masuk ke dalam! Pastikan semua pintu & jelndela telah terkunci dengan baik dan gembok pagar apabila perlu.

2. NYALAKAN LAMPU


Menyalakan lampu jalan & lampu di beberapa ruangan dapat menjadi penanda bahwa “ada orang di rumah”. Meskipun terkesan boros karena lampu menyala tanpa ada penghuni, hal ini cukup efektif untuk menandakan bahwa ada kehidupan di dalam rumah.


Rumah kosong yang ditinggalkan dalam keadaan gelap sangat rawan kemasukan penjahat.

3. PASTIKAN SEMUA BARANG BERHARGA & KENDARAAN SUDAH DIAMANKAN


Jika kamu memiliki benda yang cukup berharga seperti surat-surat tanah, koleksi emas atau perhiasan, serta uang tunai di dalam rumah, pastikan semua benda itu tersimpan dalam tempat paling aman.


Jangan diletakkan sembarangan!

Dan untuk kendaraan/pagar rumah anda agar tetap AMAN sebaiknya pakai benda yang super canggih ini, KLIK " Yuk INTIP" untuk mengetahui bendanya.

4. CABUT SEMUA ALIRAN LISTRIK & TABUNG GAS


Tips ini cukup penting karena hal ini barangkali bukan memicu adanya pencuri tetapi tetap membahayakan keamanan rumahmu.


Sudah sering terjadi kebakaran akibat hubungan arus pendek dan meledaknya tabung gas secara tidak sengaja. Lebih baik mencegah, bukan? Lagipula, mencabut listrik dapat menghemat pengeluaran listrik selama kamu tidak di rumah.

5. NYALAKAN ALARM & CCTV

Jika rumahmu memiliki sistem pengamanan yang baik seperti alarm atau CCTV, pastikan keamanannya ketika hendak bepergian. Periksa kembali sambungan kabelnya, arahkan CCTV ke tempat yang sekiranya tertutup dari pandangan, semua demi keamanan.


Saat ini, teknologi semakin canggih sehingga sistem keamanan dan CCTV dapat dikendalikan dan dipantau dari jarak jauh melalui ponsel pintar. Pastikan semua terhubung dengan baik sehingga kamu dapat meninggalkan rumah dengan tenang.

6. BERI TAHU TETANGGA BAHWA KAMU AKAN BEPERGIAN BERI TAHU


Apakah tetanggamu ada yang tidak bepergian selama musim liburan ini? Jika iya, pastikan kamu memberitahunya soal kepergianmu.


Selain untuk mempererat silaturahmi, tetangga adalah orang terdekat yang dapat kamu percaya untuk menjaga rumahmu. Jika perlu, titipkan kunci serep kepadanya apabila kamu merasa lebih aman dengan cara begitu.

7. JANGAN MENINGGALKAN KUNCI DI TEMPAT “RAHASIA” KUNCI PINTU


Seberapa “rahasia” tempat kamu menyimpan kunci yang tidak diketahui orang? Di bawah keset? Di dalam pot bunga? Di dalam sepatu? Semua itu bukan lagi rahasia melainkan sudah menjadi rahasia umum. Alih-alih aman, kamu malah membahayakan rumahmu jika melakukan cara itu. Hindari untuk meninggalkan kunci di sana. Lebih baik ikuti saran di atas—menitipkan kunci pada tetangga—jika memang dirasa perlu.


Bukan mau menakut-nakuti, tetapi tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada rumahmu selama kamu bepergian meninggalkannya, apalagi dalam waktu yang lama seperti saat mudik. Jangan sampai perjalannanmu terganggu dengan rasa khawatir dan was-was yang berlebihan, lho. Pastikan saja kamu sudah melakukan semua tips yang disebutkan di atas.

Semoga perjalanan liburan menyenangkan!
@2019 TikTokTalk.Com Inc.